Mari Bersedekah (Bersedekah Itu Sangat Mudah) Seperti Yang Diajarkan Nabi Muhammad Saw


image

Ada sebagian orang menganggap bersedekah itu identik dengan memberikan materi kepada orang lain, sedekah seringkali digambarkan dalam wujud uang dan harta benda, tapi ternyata tidaklah mutlak seperti itu. Rosululloh Saw telah memberikan pengertian sedekah secara umum, dan ternyata sungguh mudah kita jumpai dalam kehidupan keseharian, yang ternyata banyak juga cabang-cabang dari bersedekah itu.
Dari petunjuk yang diberikan Rosululloh Muhammad Saw, kita benar-benar diberi kemudahan untuk mendapatkan pahala dari bersedekah sebanyak-banyaknya dari cabang-cabangnya sedekah.

Jadi, jika tidak punya uang dan harta benda buat bersedekah, kita tidak usah khawatir, masih banyak hal-hal dan cara-cara lain yang bisa kita perbuat yang nilainya pun seperti berpahala sedekah…

Apa Saja Yang Berpahala Sedekah Itu ?

Dari Abu Dzar radhiallahu ’anhu berkata: bahwa ada beberapa sahabat Rasulullah Saw berkata: “Ya Rasulullah, orang-orang yang banyak hartanya memperoleh lebih banyak pahala. Mereka shalat sebagaimana kami shalat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa dan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka.” Nabi Muhammad Saw lalu berkata: “Bukankah Allah telah memberimu apa yang dapat kamu sedekahkan ?, Tiap-tiap ucapan tasbih adalah sedekah, takbir sedekah, tahmid sedekah, tahlil sedekah, amar makruf sedekah, nahi mungkar sedekah, bersenggama dengan isteri pun sedekah.” Para sahabat lalu bertanya: “Apakah melampiaskan syahwat mendapat pahala?” Lantas Rasulullah menjawab: “Tidakkah kamu mengerti, bahwa kalau dilampiaskannya di tempat yang haram bukankah itu berdosa ?, begitu juga kalau syahwat diletakkan di tempat yang halal, maka dia memperoleh pahala.” (HR. Muslim)

Ada lagi
Rosululloh berpesan melalui sabdanya: “Jauhilah api neraka, walau bersedekah hanya dengan sebiji kurma. Jika kamu tidak punya, maka bisa dengan kalimah thayyibah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Dan lagi
Dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu dia berkata: Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Setiap ruas tulang manusia harus disedekahi disetiap harinya selagi matahari masih terbit: Mendamaikan dua orang (yang berselisih) adalah sedekah, menolong orang hingga ia dapat naik kendaraan atau mengangkatkan barang bawaan ke atas kendaraannya merupakan sedekah, kata-kata yang baik adalah sedekah, setiap langkah kaki yang engkau gerakkan menuju ke masjid adalah sedekah dan menyingkirkan aral (rintangan: batu, ranting, paku, kayu, atau sesuatu yang mengganggu lainnya…) dari jalan juga merupakan sedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

image

image

& Baca Juga: [Sedekah dan Keutamaannya]

Sesungguhnya banyak sekali hal-hal yang ada dalam aktivitas keseharian kita yang bisa bernilai sedekah. Sekarang tinggal mempraktekkannya, mari bergerak perbanyak amalan kebaikan kita, agar kita mendapat tiket, tiket kebaikan untuk menuju kebaikan, kebaikan di surga-Nya (kelak).

Semoga kita dimudahkan untuk menjadi orang yang senantiasa suka berbuat baik…
Semoga hati kita senantiasa dilemah-lembutkan oleh Rabb, Tuhan yang berkuasa membolak-balikkan hati, sehingga hati kita senantiasa tergerak untuk suka berbuat kebaikan…
Semoga hati kita dilapangkan untuk selalu istiqomah melakukan amal kebaikan itu…
Dan semoga kita-semua digolongkan oleh Allah Swt sebagai orang-orang yang bahagia di dunia (sekarang ini) dan di akhirat (kemudian nanti), Aamiin Ya Rabbal Alamin.


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s