Beda Keinginan, Beda Kebutuhan


image
Antara Keinginan & Kebutuhan

↓ Kisah Teladan Islami ↓

Abdullah bin Umar, beliau adalah Khalifah yang terkenal sebagai pembangun Bait al Maqdis, suatu hari beliau terserang oleh suatu penyakit. Para asistennya, sangat mengkhawatirkan umur Khalifah karena penyakitnya itu.

Ternyata Allah SWT belum berkenan memanggil Abdullah keharibaan-Nya. Khalifah berangsur-angsur pulih. Setelah agak membaik keadaannya, Abdullah berniat hendak menyantap ikan panggang. Khalifah kemudian mengutarakan keinginannya itu kepada salah seorang asistennya.

Asisten yang setia itu, segera berusaha untuk memenuhi selera tuannya. Ia pergi mencari ikan dan setelah mendapatkannya segera dipanggangnyalah ikan tersebut.

Lantas Abdullah bin Umar menghadapi ikan panggang yang baru saja diturunkan dari panggangannya. Aromanya begitu memikat, sehingga bertambah seleranya dan ingin segera menyantapnya.

Dalam keadaan yang siap santap itu, tiba-tiba muncul seorang musafir yang tampak sangat kelaparan. Serta merta Abdullah menyuruh pembantunya untuk segera mengangkat hidangan yang ada di hadapannya itu untuk diberikan kepada sang musafir. Merasa jerih payahnya tidak dinikmati oleh Abdullah, asisten itu protes. Ia keberatan kalau makanan tersebut diberikan kepada musafir tadi:
“Tapi ini makanan yang dengan sengaja saya buatkan untuk tuan dan sesuai dengan pesanan tuan.”
Lantas Abdullah berkata:
“Wahai, pembantuku ! Tahukah kamu bila aku memakan makanan ini, maka sebetulnya itu aku lakukan karena aku suka, karena aku menyenanginya. Tetapi, bila musafir itu yang memakannya, maka itu ia lakukan karena memang ia butuh. Jadi makanan itu lebih berharga bagi dia daripada untukku.”

Jangan lupa, Allah SWT berfirman:
“Kalian sekali-kali tidaklah memperoleh kebajikan sehingga kalian menyedekahkan apa-apa yang kalian senangi.”

Demikian, semoga bermanfa’at.